Model pembelajaran Circuit Learning adalah model pembelajaran yang memaksimalkan pemberdayaan pikiran dan perasaan dengan pola bertambah dan mengulang, meskipun penilis menemukan sedikit kesulitan dalam menyusun atau menemukan materi tentang model pembelajaran circuit learning namun dapat mrnyrlrsaikannya, dengan tujuan memenuhi tugas mata kuliah konsep dasar pkn SD, dan juga menambah pengetahuan dan wawasan khususnya bagi penyusun dan umumnya bagi pembaca yang budiman
Pengertian model pembelajaran
Model pembelajaran merupakan salah satu komponen utama dalam menciptakan suasana belajar yang aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan (PAIKEM). Model pembelajaran yang menarik dan variatif akan berimplikasi pada minat maupun motivasi peserta didik dalam mengikuti proses belajar mengajar di kelas. Dengan penerapan kurikulum KTSP dan tuntutan untuk mengembangkan model pembelajaran kreatif maka Guru harus pula mampu mengikuti tuntutan perkembangan dunia pendidikan terkini. Guru harus berani berinovasi dan beradaptasi dengan metode pembelajaran PAIKEM seperti Talking Stick, Example non Example, Think Pair Share dan tidak hanya terpaku pada Metode Ceramah saja. Untuk memperjelas mengapa model pembelajaran perlu dikembangkan secara berkesinambungan, kita harus kembali pada pengertian model pembelajaran secara umum.
Pengertian model pembelajaran menurut para ahli
Berikut ini adalah pengertian model pembelajaran menurut pendapat para tokoh pendidikan antara lain:
- Agus Suprijono : pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas maupun tutorial.
- Mills : “model adalah bentuk representasi akurat sebagai proses actual yang memungkinkan seseorang atau sekelompok orang mencoba bertindak berdasarkan model itu”
- Richard I Arends : model pembelajarn mengacu pada pendekatan yang akan digunakan, termasuk di dalamnya tujuan-tujuan pembelajaran, tahap-tahap kegiatan di dalam pembelajaran, lingkungan pembelajaran dan pengelolaan kelas.
Pengertian Circuit Learning
Circuit Learning adalah memaksimalkan pemberdayaan pikiran dan perasaan dengan pola bertambah dan mengulang.
Langkah-Langkah Circuit Learning
- Melakukan tanya jawab tentang apa saja kegiatan manusia yang dapat merusak alam
- Menempelkan peta konsep yang telah dibuat tentang kegiatan manusia yang merusak ekosistem.
- Menjelaskan tentang peta konsep yang telah ditempel. (terlampir)
- Membagi siswa menjadi beberapa kelompok.
- Menjelaskan bahwa setiap mengisi lembar kerja siswa dan mengisi bagian dari peta konsep sesuai dengan bahasa mereka sendiri
- Menjelaskan bahwa bagian peta konsep yang mereka kerjakan akan dipersentasikan.
- Melaksanakan persentasi dari setiap kelompok bagian peta konsep yang telah dikerjakannya.
- Memberikan penguatan berupa pujian atau hadiah atas hasil persentasi yang bagus serta memberikan semangat kepada yang belum dapat pujian atau hadiah untuk berusaha lebih giat lagi
Kekurangan dan kelebihan model circuit learning
Kekurangan dari model circuit learning
- Memerlukan waktu yang relatif lama
- Tidak semua pokok bahasan bisa disajikan berupa peta konsep
Kelebihan dari model circuit learning
- Kreatifitas siswa dalam merangkai kata dengan bahasa sendiri lebih terasah
- Konsentrasi yang terjadi membuat siswa fokus dalam belajar
Sintak model pembelajaran circuit learning
Sintaknya adalah kondisikan situasi belajar kondusif dan fokus, siswa membuat catatan kreatif sesuai dengan pola fikirnya-peta konsep-bahasa khusus, tanya jawab dan refleksi, seperti jabaran lebih rinci dibawah ini :
Fase dan kegiatan guru
Pendahuluan
- Membuka pelajaran dengan megucapkan salam , berdoa, dan absensi.
- Melakukan apersepsi
- Memberitahukan tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa dalam pembelajaran hari ini
- Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan
Kegiatan Inti
- Melakukan tanya jawab tentang apa saja kegiatan manusia yang dapat merusak alam
- Bersama dengan siswa menempelkan gambar tentang suatu ekosistem yang rusak karena kegiatan manusia
- Memberikan siswa pertanyaan tentang gambar yang ditempel dipapan tulis.
- Menempelkan peta konsep yang telah dibuat
- Menjelaskan tentang peta konsep yang telah ditempel
- Membagi siswa menjadi beberapa kelompok.
- Memberikan lembar kerja kepada setiap kelompok
- Menjelaskan bahwa setiap kelompok mengisi lembar kerja siswa dan mengisi bagian dari peta konsep sesuai dengan bahasa mereka sendiri
- Menjelaskan bahwa bagian peta konsep yang mereka kerjakan akan dipersentasikan.
- Melaksanakan persentasi bagian peta konsep yang telah dikerjakannya.
- Memberikan penguatan berupa pujian atau hadiah atas hasil persentasi yang bagus serta memberikan semangat kepada yang belum dapat pujian atau hadiah untuk berusaha lebih giat lagi
- Menjelaskan kembali hasil diskusi siswa tersebut agar wawasan siswa menjadi lebih luas
Penutup
- Memancing siswa untuk membuat rangkuman
- Melakukan penilaian terhadap hasil kerja siswa (terlampir di penilaian)
- Memberikan pekerjaan rumah bagi siswa
- Memberitahukan materi selanjutnya yang akan dipelajari minggu depan.
- Doa, Nasehat, Salam
gmna kalau di jadiin buku ja kk,
BalasHapusbiar bisa jadi referensi untuk yang sedang mengembangkan model circuit learning
Trmksh sanagat memabantu
BalasHapusadalah komponen model pembelajaran circuit learning kak?
BalasHapus